Ringkasan
Salah satu skenario berikut ini ditemui saat menggunakan ponsel cerdas BlackBerry® dan BlackBerry® Internet Service:
- Pesan email tidak bisa dikirim dari atau diterima pada ponsel cerdas BlackBerry
- Pesan email bisa dikirim dari namun tidak bisa diterima pada ponsel cerdas BlackBerry
- Pesan email diterima namun tidak bisa dikirim dari ponsel cerdas BlackBerry
Catatan: Saat menggunakan akun email POP (Post Office Protocol/Protokol Kantor Pos), IMAP (Internet Message Access Protocol/Protokol Akses Pesan Internet), atau Microsoft® Outlook® Web Access, pastikan bahwa aplikasi email telah dikonfigurasi untuk meninggalkan salinan pesan email pada server pengiriman pesan. Untuk instruksi tentang cara menghidupkan fitur ini, lihat KB12283.
Catatan: Ingatlah bahwa Gmail dikenal sebagai Google Mail™ di beberapa negara.
Penting: Ikuti langkah-langkah pemecahan masalah dasar di KB11334 sebelum mengacu pada artikel ini.
Lingkungan
- BlackBerry® Internet Service
Penyebab
Tidak bisa mengirim dan menerima pesan email
Masalah ini mungkin disebabkan oleh salah satu hal berikut:
- Jaringan penyedia layanan nirkabel tidak berfungsi dengan benar, atau transceiver nirkabel pada ponsel cerdas BlackBerry dimatikan.
- Akun BlackBerry Internet Service belum dibuat untuk ponsel cerdas BlackBerry.
- Akun email terpadu sekarang tidak divalidasi.
Tidak bisa menerima, namun bisa mengirim pesan email
Masalah ini mungkin disebabkan oleh salah satu hal berikut:
- Filter pesan email menghalangi pesan email mencapai ponsel cerdas BlackBerry.
- Pesan email dikirim ke alamat email yang sudah tidak ada atau ke alamat email yang salah.
- Setelan tanggal dan waktu pada ponsel cerdas BlackBerry salah.
- Firewall pada ponsel cerdas BlackBerry disetel untuk memblokir pesan email masuk dari BlackBerry Internet Service.
- Pesan email dikirim ke akun email yang tidak dipadukan dengan akun BlackBerry Internet Service.
- Akun BlackBerry Internet Service tidak dikaitkan dengan ponsel cerdas BlackBerry.
- Pesan email dari akun email terpadu disimpan di tempat selain folder akar dari kotak masuk pada server pengiriman pesan.
Tidak bisa mengirim, namun bisa menerima pesan email
Masalah ini mungkin disebabkan oleh salah satu hal berikut:
- Buku layanan untuk BlackBerry Internet Service tidak ada pada ponsel cerdas BlackBerry.
- BlackBerry® Desktop Redirector diinstal di saat yang sama dengan BlackBerry® Desktop Manager.
- Pesan email dikirim ke alamat email yang salah atau alamat email yang sudah tidak ada.
- Kebijakan TI BlackBerry® Enterprise Server menghalangi pesan email dikirim dari akun email yang telah dipadukan dengan akun BlackBerry Internet Service.
- Ponsel cerdas BlackBerry berupaya mengirim pesan email menggunakan buku layanan akun email yang tidak lagi dipadukan dengan akun BlackBerry Internet Service.
- Akun BlackBerry Internet Service berisi alamat BCC Otomatis atau Balas Ke yang tidak sah.
Resolusi
Lakukan resolusi yang sesuai.
Tidak bisa mengirim dan menerima pesan email:
Penyebab 1
Jaringan penyedia layanan nirkabel tidak berfungsi dengan benar, atau transceiver nirkabel pada ponsel cerdas BlackBerry dimatikan.
Resolusi 1
Untuk mengatasi masalah ini, lakukan langkah-langkah berikut:
- Pastikan bahwa transceiver nirkabel telah dihidupkan. Dari layar Awal ponsel cerdas BlackBerry, klik Hidupkan Nirkabel.
- Pastikan ponsel cerdas BlackBerry mempunyai koneksi data aktif.
Untuk menentukan apakah ponsel cerdas BlackBerry mempunyai koneksi data aktif, lihat artikel basis pengetahuan berikut yang menerangkan indikator status jaringan pada ponsel cerdas BlackBerry:
- Untuk jaringan GSM® (Global System for Mobile Communications®/Sistem Global untuk Komunikasi Seluler), GPRS (General Packet Radio Service/Layanan Radio Paket Umum), dan EDGE (Enhanced Data Rates for Global Evolution/Laju Data yang Disempurnakan untuk Evolusi Global), lihat KB02334.
- Untuk jaringan CDMA (Code Division Multiple Access/Akses Multi Divisi Kode), lihat KB02335.
- Pastikan jaringan penyedia layanan nirkabel berfungsi dengan benar. Hubungi penyedia layanan nirkabel untuk informasi lainnya.
Penyebab 2
Akun BlackBerry Internet Service belum dibuat untuk ponsel cerdas BlackBerry.
Resolusi 2
Untuk mengatasi masalah ini, lakukan salah satu dari yang berikut:
- Hubungi penyedia layanan nirkabel untuk menentukan apakah akun BlackBerry Internet Service sudah ada dan untuk menetapkannya ke ponsel cerdas BlackBerry.
- Buat akun BlackBerry Internet Service yang baru.
- Untuk instruksi tentang cara memadukan akun email pada BlackBerry Internet Service, lihat KB02189
Penyebab 3
Akun email terpadu sekarang tidak divalidasi.
Resolusi 3
Validasi ulang akun email terpadu. Untuk memvalidasi ulang akun email terpadu, lakukan langkah-langkah berikut:
- Login ke akun BlackBerry Internet Service.
- Klik ikon amplop yang bergaris merah.
Catatan: Untuk informasi lainnya tentang akun email terpadu yang tidak divalidasi, lihat KB05255.
Tidak bisa menerima, namun bisa mengirim pesan email:
Penyebab 1
Filter pesan email menghalangi pesan email mencapai ponsel cerdas BlackBerry.
Resolusi 1
Hapus semua filter pesan email yang mungkin membatasi aliran pesan email dengan melakukan langkah-langkah berikut:
- Login ke akun BlackBerry Internet Service.
- Klik Filter di sebelah akun email yang akan dikonfigurasi.
- Klik Hapus di sebelah filter yang akan dihapus.
Penyebab 2
Pesan email dikirim ke alamat email yang sudah tidak ada atau ke alamat email yang salah.
Pesan email yang dikirim ke alamat email yang tidak ada atau salah akan membuat pesan kesalahan bagi pengirimnya. Pesan kesalahan yang mirip dengan pesan berikut juga akan muncul pada akun email BlackBerry:
Pesan berikut untuk <nama pengguna>@<penyedia layanan_nirkabel>.blackberry.net tidak bisa dikirim. Penyebab masalah ini: 5.1.0 - Kesalahan alamat tidak dikenal 554-'5.7.1 Penerima Tidak Sah
Resolusi 2
Pastikan pengirim mengirimkan pesan email ke alamat email yang benar. Jika alamatnya adalah alamat email BlackBerry, pastikan alamat email BlackBerry telah dikaitkan dengan ponsel cerdas BlackBerry. Untuk mendapatkan bantuan, hubungi penyedia layanan nirkabel Anda.
Penyebab 3
Setelan tanggal dan waktu pada ponsel cerdas BlackBerry salah.
Setelan tanggal dan waktu yang salah bisa mempersulit pencarian pesan email baru yang masuk pada ponsel cerdas BlackBerry.
Resolusi 3
Pastikan setelan tanggal dan waktu sudah benar untuk ponsel cerdas BlackBerry dengan melakukan langkah-langkah berikut:
- Dari layar Awal ponsel cerdas BlackBerry, klik Opsi.
- Klik Tanggal/Waktu.
- Pastikan bahwa ponsel cerdas BlackBerry disetel untuk tanggal dan waktu yang benar.
Penyebab 4
Firewall pada ponsel cerdas BlackBerry disetel untuk memblokir pesan email masuk dari BlackBerry Internet Service.
Resolusi 4
Matikan opsi ini. Untuk mematikan opsi ini, lakukan langkah-langkah berikut:
- Dari layar Awal ponsel cerdas BlackBerry, klik Opsi.
- Klik Opsi Keamanan.
- Klik Firewall.
- Pastikan bahwa kotak centang BlackBerry Internet Service sudah dikosongkan.
Penyebab 5
Pesan email dikirim ke akun email yang tidak dipadukan dengan akun BlackBerry Internet Service.
Resolusi 5
Padukan akun email dengan akun BlackBerry Internet Service. Untuk instruksi, lihat KB02189.
Penyebab 6
Akun BlackBerry Internet Service tidak dikaitkan dengan ponsel cerdas BlackBerry.
Resolusi 6
Untuk mengatasi masalah ini, lakukan salah satu dari yang berikut:
- Hubungi penyedia layanan nirkabel untuk menentukan apakah akun BlackBerry Internet Service sudah ada dan untuk menetapkannya ke ponsel cerdas BlackBerry.
- Buat akun BlackBerry Internet Service yang baru.
Penyebab 7
Pesan email dari akun email terpadu disimpan di tempat selain folder akar dari kotak masuk pada server pengiriman pesan.
Resolusi 7
Modifikasi aturan dalam aplikasi email agar menyimpan salinan pesan email dalam kotak masuk server pengiriman pesan. Untuk melihat instruksi mengenai cara menyimpan salinan pesan email dalam kotak masuk server pengiriman pesan, lihat KB12283.
Tidak bisa mengirim, namun bisa menerima pesan email:
Penyebab 1
Buku layanan untuk BlackBerry Internet Service tidak ada pada ponsel cerdas BlackBerry.
Resolusi 1
Mengirim buku layanan baru ke ponsel cerdas BlackBerry. Untuk instruksi, lihat KB02830.
Penyebab 2
BlackBerry Desktop Redirector diinstal pada saat yang sama dengan BlackBerry Desktop Manager.
Resolusi 2
Hapus buku layanan BlackBerry Desktop Redirector dari ponsel cerdas BlackBerry dengan melakukan langkah-langkah berikut:
- Dari layar Awal ponsel cerdas BlackBerry, klik Opsi.
- Klik Opsi Lanjutan.
- Klik Buku Layanan.
- Dari daftar buku layanan, pilih Desktop [CMIME].
- Tampilkan menu, dan pilih Hapus.
- Jika buku layanan Desktop [CICAL] terdaftar, lakukan langkah-langkah berikut:
- Dari daftar buku layanan, pilih Desktop [CICAL].
- Tampilkan menu, dan pilih Hapus.
- Modifikasi instalasi BlackBerry Desktop Manager agar menggunakan BlackBerry Internet Service sebagai ganti BlackBerry Enterprise Server atau BlackBerry Desktop Redirector. Untuk instruksi, lihat KB03179.
Penyebab 3
Pesan email dikirim ke alamat email yang salah atau alamat email yang sudah tidak ada.
Resolusi 3
Pastikan alamat email penerima sudah benar dan masih ada.
Penyebab 4
Kebijakan TI BlackBerry Enterprise Server memblokir pesan email yang dikirim dari akun email yang telah dipadukan dengan akun BlackBerry Internet Service.
Resolusi 4
Hubungi administrator BlackBerry Enterprise Server untuk mematikan kebijakan TI. Untuk informasi lainnya, lihat KB10379.
Penyebab 5
Ponsel cerdas BlackBerry berupaya mengirim pesan email menggunakan buku layanan akun email yang tidak lagi dipadukan dengan akun BlackBerry Internet Service.
Resolusi 5
Hapus buku layanan akun email dari ponsel cerdas BlackBerry. Untuk instruksi, lihat KB05000.
Penyebab 6
Akun BlackBerry Internet Service berisi alamat BCC Otomatis atau alamat Balas Ke yang tidak sah.
Resolusi 6
Untuk mengatasi masalah ini, lakukan langkah-langkah berikut:
- Login ke akun BlackBerry Internet Service.
- Klik Edit di sebelah akun email yang terpengaruh.
- Dalam bidang BCC Otomatis dan Balas Ke, ketikkan alamat email yang sah.
- Klik Simpan.
- Ulangi langkah 2 hingga 4 untuk semua akun email lainnya yang terpengaruh.
Catatan: Bila sebuah pesan email dikirim dari ponsel cerdas BlackBerry, sebuah salinan akan dikirim ke akun email yang ditentukan dalam langkah 3.
Informasi Tambahan
Untuk melihat informasi pemecahan masalah tambahan, lihat artikel basis pengetahuan berikut:
- KB10034 - Artikel ini memberikan resolusi untuk masalah tidak diterimanya pesan email yang dikirim ke akun email BlackBerry
- KB02857 - Artikel ini memberikan resolusi untuk masalah tidak diterimanya pesan email yang dikirim ke akun email POP3 atau IMAP terpadu
- KB10870 - Artikel ini memberikan resolusi untuk masalah tidak diterimanya pesan email yang dikirim ke akun Microsoft Outlook Web Access terpadu
- KB10104 - Artikel ini memberikan resolusi untuk masalah tidak diterimanya pesan email yang dikirim ke akun Yahoo!® Mail terpadu
- KB04792 - Artikel ini memberikan resolusi untuk masalah tidak diterimanya pesan email yang dikirim ke akun Google Mail™ terpadu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar